Sabtu, 31 Desember 2011

Manfaat Susu Kambing Untuk Kecantikan



Manfaat susu memang tak diragukan lagi. Berbagai produk kosmetik berformula susu kini amat digemari, termasuk sabun susu kambing dan cream susu kambing. Zat-zat yang terkandung dalam susu, apabila dimanfaatkan secara tepat dapat digunakan untuk merawat kecantikan. Namun tahukah anda bahwa susu bubuk atau susu tepung dalam kemasan pun dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit tubuh sehari-hari? Tentu saja anda dapat membedakan dengan menggunakan susu segar kambing etawa sebagai pembandingnya.
Susu yang kaya kandungan zat asam beta hydroxy alami, kini sering dijadikan campuran untuk lulur. Campuran ini tak saja berfungsi sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel kulit mati, namun mampu mencerahkan kulit hingga terlihat lebih halus dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal. Beberapa fungsi susu untuk kecantikan antara lain, perawatan kecantikan rambut, kulit dan kuku.
1. Membantu pengelupasan sel kulit mati
Sel-sel kulit mati terkadang sulit terkelupas. Sulitnya terkelupas mengakibatkan kulit nampak kusam. Susu dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, kandungan vitamin A susu dapat pula memberikan kelembaban terhadap kulit.
2. Mengurangi iritasi kulit
Kulit sensitif mudah terkena iritasi. Susu juga kaya akan lactic acid, eksfolian yang super lembut sehingga tersingkap kulit yang lebih segar dan tampak lebih muda tanpa menimbulkan kemerahan di wajah serta tidak membuat kulit mengelupas atau pun iritasi. Caranya mudah, cukup basuhkan susu pada kulit yang terkena iritasi dan biarkan mengering sendiri.
3. Membuat wajah bercahaya
Jika Anda ingin mendapat kulit bercahaya sehingga enak dipandang. Tak salah melalukannya dengan susu. Campurkan dua sendok makan susu dan satu sendok madu serta dua sendok makan air hangat. Kemudian oleskan pada wajah dan biarkan mengering dan kaku. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Pandangi wajah di kaca setelah beberapa hari, pastinya lebih cerah.
4. Mengecilkan pori
Akibat pori-pori membesar membuat orang hilang percaya diri. Susu dapat memperkecil pori-pori yang besar dan terbuka.
5. Mencegah penuaan dini
Memasuki usia 30 tahun ke atas, kulit mulai menampakkan tanda-tanda penuaan. Agar kulit tetap terjaga dan nampak kencang bisa melalui masker wajah yang terbuat dari bahan dasar yoghurt. Cukup campurkan dua sendok vitamin E dengan dua sendok teh madu dan jus lemon. Vitamin E bisa diperoleh dari kapsul yang mengandung vitamin E. Kemudian usapkan keseluruh wajah. Biarkan meresap selama 15 menit. Lalu basuh dengan air hangat hingga bersih.
6. Perawatan kuku
Untuk perawatan kuku agar lebih kuat dan tampak lentik, kandungan kalsium sangat berkhasiat untuk menguatkan kuku sehingga tidak mudah patah, terbelah atau mengelupas. Kandungan lactic acid di dalam susu mengelupaskan kutikula yang kasar.
7. Kesehatan rambut
Protein dan asam amino yang ada dalam susu berguna untuk merawat rambut agar lebih sehat dan tebal. serta mengatasi kulit kepala yang terlalu berminyak dan berketombe. Kandungan tersebut berfungsi untuk melapisi rambut dan memperbaiki kerusakan sehingga membuat setiap helai rambut tampak lebih penuh.
8. Perawatan mata
Untuk mengatasi mata sembab dan lingkaran gelap. Kandungan lactic acidnya membantu mengatasi lingkaran gelap. Basahi kapas dengan susu dingin. Kompreskan pada kelopak mata yang sembab selama 3 menit.
9. Perawatan bibir
Untuk perawatan bibir agar lebih halus dan kenyal. Lactic acid mengeksfoliasi dan menghaluskan serta membuat bibir jadi lebih halus
(berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar